RSS
Welcome Myspace Comments

STEP UP 2




Ada banyak jalan untuk mengapresiasikan suatu seni . Karya seni itu pun sangatlah beragam jenisnya, ada Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan juga Seni Teather. Banyak juga media yang bisa digunakan untuk mengapresiasikan beragam jenis seni tersebut. Nah, megapresiasikannya dalam bentuk suatu film adalah salah satu yang dapat menjadikan seni tersebut menjadi lebih menarik. Tentu saja!!! Jika dibandingkan dengan pentas seni secara langsung di tempat terbuka bukankah lebih banyak orang akan memilih menyaksikannya dalam bentuk Film kan.
Kurang lebih dalam satu dasawarsa ini, telah banyak hasil produksi film yang pada dasarnya juga menjadi media pengapresiasikan suatu seni. Salah satunya adalah STEP UP 2. Banyak hal yang menarik yang patut dikupas dari film ini. Mulai dari filmnya sendiri, isinya, temanya, jalan ceritanya,hingga amanat yang tersirat di dalamnya.
“Step Up 2” , adalah film yang tidak terlalu mewah, film ini cukup sederhana namun bisa membekas di hati siapa saja yang menontonnya. Film yang bergenre drama musikal ini dipenuhi dengan gerakan tarian yang indah, akrobatik dan yang paling penting lagi gerakan – gerakan tarian yang disuguhkan dalam film adalah gerakan tarian yang mulai populer di belahan bumi ini dan cukup banyak digandrungi oleh para remaja sekarang. Seni tari Modern itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari film ini. Karena seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang ini jenis tarian modern lebih diminati jika dibandingkan dengan jenis tarian tradisional. Hal itulah mungkin yang bisa membuat kita enjoy ketika menyaksikan film ini.
Bukan hanya itu saja, jenis musik yang dikomplikasikan dengan jenis tarian yang disuguhkan juga membuat film ini semakin asyik saja. Semakin membuat kita enjoy saja. Biasanya musik yang mengiringi tarian tersebut disebut dengan “Break Beats”. Musik-musik dengan irama break beat merupakan campuran musik-musik lain seperti Jazz, Soul, Funk, Electro, Electro Funk, Disco, Hip Hop, sampai R&B. Namun, musik-musik ini tidak dibiarkan murni begitu saja, karena ada DJ yang bertugas mengolah musik tersebut sehingga akan terdengar sangat serasi dengan gerakan-gerakan yang ada. Musik menjadi salah satu elemen penting dalam BreakDance, karena para breakers tentu tidak akan bisa menari tanpa musik. Bahkan terkadang musik-musik yang seru dapat menjadi sebuah inspirasi tersendiri bagi para breakers ini. Seru buat mereka seru juga kan buat kita!!! Nah cukup deh tentang seni yang ada di STE UP 2.


Tapi mungkin ada baiknya lagi jika kita bisa mengambil makna yang tersirat dalam film ini. Sehingga nantinya film ini dapat menjadi guru bagi kita.Hehehe... Kita yang sebelumnya tidak terlalu mengenal jenis tarian ini (entah apa namanya Breakdance mungkin), bisa mendapat tambahan pengetahuan mengenai jenis tarian ini. Dari kharakteristik penganutnya bahkan hingga resiko yang mungkin mendera para pengikutnya, dapat kita ketahui dari film ini walaupun tidak seluruhnya. Selama ini mungkin tidak sedikit orang yang beranggapan negatif dengan para pengikut aliran “BreakDance” yang biasa disebut “B-Boy” ataupun “B-Girl”. Oleh karena itu mari kita telusuri makna yang terkandung dalam film ini.
Yapz...jika dilirik lebih dalam lagi banyak pelajaran yang dapat kita petik dari film yang berdurasi kurang lebih 98 menit ini. Ceritanya cukup sederhana, namun menyimpan berjuta amanat. Antara lain:
 Salurkanlah bakat yang kau miliki pada tempat yang benar!!!
Dalam film ini Andy West, seorang gadis yatim piatu yang tinggal di Baltimore memiliki bakat yang besar dalam bidang menari. Tapi sayangnya, Andy salah menyalurkannya sehingga ia terjebak dalam perkumpulan geng penari jalanan 4-1-O (Four One Oh). Apapun ia lakukan untuk tetap aktif dalam geng tersebut, bahkan sampai harus membolos sekolah. Walaupun pada akhirnya ia bisa kembali ke jalan yang benar. Dari sinilah kita diajarkan agar dapat menyalurkan bakat kita dengan baik. Jadikanlah itu sesuatu yang menguntungkan kita, bukan malah menjadi bom atom bagi kita.

 Jadialh dirimu sendiri BE YOUR SELF!!!
Hmm..pesan ini tersirat dari sikap sebagian pelajar MSA yang sepertinya terpaksa dalam menyalurkan bakat manarinya, termasuk juga Andy West. Mereka sepertinya tidak nyaman dalam mengikuti aturan – aturan di MSA. Dan buktinya, meraka akhirnya bisa melakukan yang lebih baik dan juga membanggakan semua orang. So BE YOUR SELF!!!

 Jangan mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah!!!
Yapz..Di mana ada kemauan pasti ada jalan. Itulah yang terjadi pada Andy dkk dalam film ini, walaupun awalnya mereka dihina dan dicaci bahkan hampir putus asa, namun akhirnya mereka bisa bangkit dan menjadi sang juara. Usaha dan kerja keras mereka terbayar sudah. Masalah terselesaikan kedamaian pun tercipta.


 Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui!!!
Walupun tujuan utama Andy dkk hanyalah untuk membuktikan bahwa mereka bisa menjadi lebih baik dari para penari jalanan yang tadinya menghina dan merendahkan mereka. Tapi secara tidak sengaja juga mereka bisa meluluhkan hati sang pemilik MSA yang terkenal otoriter, sehingga akhirnya Andy West yang tadinya dikeluarkan dapat diterima kembali di MSA. Satu untuk segalanya.
Nah, itulah kelebihan dari film ini. Namun, yang pasti “tiada gading yang tak retak”. Film ini juga punya kekurangan. Jalan ceritanya monoton dan cenderung mudah ditebak. Namun, hal itu tidak sampai merusak film ini. Bahkan mungkin saja itu adalah hal yang lazim pada dunia perfilman. Saya yakin cerita ini pasti lebih menarik jika dilanjutkan dalam STEP UP 3. Mari kita tumggu bersama kelanjutannya. Hehehehe ....

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 LITMUS 23. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy